Daftar Diet Sesat yang Berbahaya

DuniaQ Duniamu

Keinginan untuk menurunkan berat badan membuatorang mencoba beberapa diet keterlaluan, seperti makan bola kapas dan cacingpita. Baca lebih lanjut tentang beberapa diet yang paling tidak biasa yangberbahaya.


"Selama berabad-abad, orang telah mencobabeberapa hal yang cukup gila untuk menurunkan berat badan. Namun dengan modediet yang salah, penurunan berat badan biasanya bersifat sementara dan bisasangat berbahaya," kata Susan Burke March, MS, RD, seorang ahli gizi danpenulis buku 'Making Weight Control Second Nature: Living Thin Naturally'.

Berikut adalah 8 metode aneh yang digunakanorang untuk menurunkan berat badan, seperti dilansir darieverydayhealth, antara lain:

1. Suntik hormon

Pada tahun 1950, seorang dokter Inggris,A.T.W. Simeons, menyarankan bahwa Anda dapat kehilangan 500 kalori per haridengan mendapatkan suntikan harian hormon choriogonadotropin.

Tetapi belum ada bukti nyata bahwasuntikan hormon tersebut dapat menurunkan berat badan dan bisa berbahaya padabeberapa orang karena dapat menyebabkan pembekuan darah, depresi, dansakit kepala.

FDA telah menyetujui suntik hormonchoriogonadotropin sebagai pengobatan terhadap kesuburan, tetapi tidak untukpenurunan berat badan.

2. Makan roti diet

Toko roti Twinkies pada 1930-an,menawarkan produk roti diet yang memiliki 150 kalori. Anda dapatmenurunkan berat badan hanya dengan tidak makan makanan apapun kecuali rotiini.

"Jika Anda makan roti itu sebanyak 10bungkus, tubuh hanya mendapatkan 1.500 kalori sehari. Hal ini merampas nutrisipenting yang diperlukan tubuh dan membuat Anda mudah lelah," kata March.

3. Diet makan makanan bayi

Ini adalah mode diet Hollywood yaitudengan mengganti makanan orang dewasa dengan makan makanan bayi.

Anda akan kehilangan berat badan karena Andamembatasi kalori. Tetapi Anda juga akan kehilangan serat yang dapat Andadapatkan dari makanan untuk orang dewasa.

"Makanan bayi mungkin murni danmengandung vitamin, tapi tidak tepat dari segi gizi orang dewasa," kata March.

4. Diet rokok

Ini merupakan salah satu metode diet yangpaling berbahaya yang pernah ada.

Nikotin dalam rokok mungkin akan membuat nafsumakan Anda berkurang, tetapi rokok tidak memiliki kalori yang dibutuhkan tubuh.

Rokok adalah penyebab dari banyak kondisi medisyang mematikan termasuk penyakit jantung dan kanker paru-paru.

"Jangan pernah memulai sebuah kebiasaanberbahaya seperti merokok untuk menurunkan berat badan," kata March.

5. Diet tidur

Anda mungkin lelah dan kelaparan karenamenahan makan, Anda dapat mengatasinya dengan tidur lebih banyak.

Tetapi setelah Anda bangun, selera makan Andaakan bertambah besar karena terlalu lelah.

"Beberapa penelitian ilmiah mendukunggagasan bahwa kurang tidur dapat berkontribusi terhadap kelebihan beratbadan dan obesitas, yang Anda perlukan untuk mendapatkan tubuh yang sehatadalah dengan tidur yang cukup," kata March.

6. Diet Mengunyah

Metode diet ini adalah dengan mengunyah tanpa henti,sampai makanan halus dan kemudian memuntahkannya.

Anda hanya kan mendapatkan rasa dari makanansaja dan nutrisi makanan tidak akan diserap oleh tubuh.

7. Diet visual

Diet visual bertujuan untuk membatasi nafsu makan yangberlebihan ketika melihat makanan di hadapannya.

Caranya adalah dengan menggunakan kacamataberwarna biru dan semua makanan di depan Anda akan terlihat menjijikkan.

Tetapi hal ini mungkin berbahaya bagikesehatan mata karena penggunaan lensa dengan spesifikasi berwarna yang terlalulama.

8. Staples telinga

Staples telinga melibatkan staples bedah yang ditempatkan didalam tulang rawan dari telinga.

Staples ini diyakini merangsang titik-titiktekanan yang mengontrol nafsu makan Anda, mirip dengan akupunktur.

Tapi setelah beberapa minggu, staples menjaditidak efektif sebagai alat penurunan berat badan karena tubuh Anda telahterbiasa dengannya.

"Saya tidak tahu apakah ada ilmu yangmengatakan ini bekerja efektif, tetapi ini mungkin memiliki efek plasebo. Lebihbaik untuk mengikat karet gelang di pergelangan tangan Anda untuk mengingatkandiri untuk tidak makan berlebihan daripada staples telinga," kata March.

0 comments: (+add yours?)

Post a Comment