Tips Memotret Kembang Api via Ponsel

DuniaQ Duniamu

Kamera di ponsel telah berkembang pesat secara signifikan. Bahkan,terkadang fungsinya sudah beralih sebagai pengganti kamera digital.


Namun karena mengambil foto bukan sebagai fungsi utama sebuahsmartphone, tentu saja ada beberapa kelemahan ketika alat komunikasi itu diajakuntuk menjepret gambar. Khususnya di saat menangkap momen-momen tertentu,seperti memotret kembang api. Pasalnya, keterbatasan kamera di smartphone,tidak bisa meringkus objek dengan pencahayaan yang kurang.

Namun meski hasilnya tak seperti kamera digital, smartphone bisa sajadimaksimalkan untuk memotret momentum yang pencahayaannya kurang. Selain setingan,insting mengambil foto, dan bantuan aplikasi pihak ketiga juga menjadi faktorpenentu agar gambar yang dihasilkan bisa ciamik.

Berikut tips-trik bagaimana memotret objek kembang api untuksmartphone iPhone atau handset yang berjalan dengan OS Android. Seperti yangdetikINET kutip dari PC World :

Trik 1

Sudah banyak smartphone yang dipasangkan flash di kameranya. Tapiitu tidak berguna bila menangkap objek di malam hari yang posisinya jauh,seperti momen meledaknya kembang api.

Jadi langkah pertama yang harus dilakukan, matikan fitur kamera flashAnda.

Di banyak smartphone keluaran terbaru, baik Android atau iPhone,biasanya juga ditambahkan fungsi high dynamic range (HDR) di mana -- dalambanyak kasus -- cukup membantu mengambil gambar yang bagus.

Akan tetapi yang mesti diingat adalah, HDR tidak sesuai untuk objekseperti kembang api, karena semburan yang terjadi dengan cepat. Fitur ini tidakcukup cepat untuk meringkusnya. So, pastikan juga fitur HDR ini dalam posisioff.

Bila Anda pengguna smartphone Android, sebaiknya mengecek beberapasetingan tambahan untuk memotret, seperti:

- Fitur stabilizer. Bila ada, silakan nyalakan.
- Fitur ISO. Bila tersedia, ubah secara manual ke ISO 400 untuk hasilyang terbaik.
- Jelasnya, pastikan bahwa kamera smartphone Anda diatur dengan resolusisetinggi mungkin. Imbasnya, siapkan memori yang luas, karena biasanyamenghasilkan file besar pula.

Trik 2

Jika Anda pengguna iPad 2 dan 3 atau iPhone 4S yang sudah berjalan diiOS versi 5.0 ke atas, bisa juga memanfaatkan aplikasi bernama Cortex Camerayang dijual seharga USD 3 di iTunes.

Aplikasi ini dapat membantu mengambil foto besar dalam kondisi cahaya minim.Yang perlu diingat adalah bahwa ketika Anda menekan tombol rana (shutterbutton), Anda harus memegang smartphone dengan stabil selama 3 detik.

Cortex Camera adalah salah satu aplikasi tambahan yang cukup mumpuni,sebab mampu meredam noise dan mengangkat ketajaman gambar di cahaya minimsekalipun.

Trik 3

Sedangkan untuk pengguna Android, bisa juga dicoba aplikasi CameraNight yang bisa diunduh gratis, atau bayar USD 3 untuk versi Pro-nya.

Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan aplikasi milik iOS. Karenaaplikasi ini memliki beberapa pengaturan yang dapat menyesuaikan untukmenangkap gambar malam terbaik.

Trik 4

Smartphone Android punyakeuntungan lebih dengan kehadiran fitur burst mode. Fitur ini bisa dicoba untukmemotret kembang api.

Sebabnya, kemampuan serangkaian 'tembakan' gambar dengan sekali pencet,mampu membuat Anda mempunyai pilihan mana gambar yang terbaik.

Bila tidak punya fitur ini, jangan khawatir. Sebab Anda pengguna Androidbisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Fast Burst Camera, seharga USD 3saja.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengambil 30 frame per detik untuk smartphonedengan kualitas high end, atau 5 sampai 10 frame per detik untuk spesifikasiyang tidak terlalu tinggi.

Trik 5

Saat ini sudah banyak aksesoris seperti tripod yang khususdibuat untuk smartphone agar posisi mengambil foto bisa terus stabil. Jadi bisajuga memanfaatkan alat bantu tersebut.

Akan tetapi bila malas membawanya, ada trik lainnya agar posisimengambil gambar bisa stabil. Anda dapat mengurangi gerakan dengan bersandar.Katakanlah seperti merapat pada pohon, mobil, dinding atau lainnya.

Namun jangan sekali-sekali menggunakan zoom digital untuk mengambilobjek jauh menjadi dekat. Karena itu cara mudah untuk merusak gambar.

Jika Anda ingin mendapatkan gambar close-up yang lebih baik, Anda lebihbaik secara fisik bergerak lebih dekat.

Trik 6

Bila tidak puas, ada aksesoris tambahan lainnya untuk membuatsmartphone Anda layaknya kamera saku atau DSLR. Untuk soal ini, iPhone lebihunggul.

Sebab aksesoris yang ditambahkan memang cukup banyak variasinya.Misalnya lensa iPhone seperti lensa profesional yang mampu melakukan 6x opticalzoom.

Nah, kini tinggal dari ketekunan Anda untuk menunggu momen yang tepat.Selamat hunting foto!

0 comments: (+add yours?)

Post a Comment