Tips Mencegah Kanker Otak

DuniaQ Duniamu

Kanker otak merupakan jenis kanker yang sangat mematikan, dimana sebuahtumor tumbuh di dalam otak dan mulai mengganas. Untuk mencegah penyakittersebut berkembang di otak Anda, Anda dapat melakukan beberapa langkahpencegahan.


Meskipun penyebab utama kanker otak tidak diketahui, tetapi denganmenjalani pola hidup sehat dan menghindari beberapa faktor risiko dapatmembantu mencegah risiko kanker otak.

Berikut 4 hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah risiko kankerotak, seperti dilansir dari onlymyhealth, antara lain:

1. Menghindari penggunaan bahan kimia

Bahan kimia dan paparanradiasi kimia berpotensi besar terhadap kerusakan otak seseorang, sehingga Andadisarankan untuk menghindari prosedur yang berkaitan dengan bahan kimia.

Bahan kimia yang akrab dengan kehidupan Anda sehari-hari adalah vinilklorida yang digunakan dalam plastik, formalin yang digunakan sebagai pengawet,dan acrylontrile digunakan dalam industri tekstil.

Pancaran radiasi dari reaktor nuklir juga dapat menyebabkan kankerotak. Orang yang pekerjaannya mengharuskan untuk berinteraksi dengan bahankimia dan nuklir, harus rutin melakukan pengujian terhadap kanker otak kedokter.

2. Makan makanan anti kanker

Bawang putih dan makananyang mengandung asam lemak omega 3 membantu dalam pencegahan kanker otak.Bawang putih mengandung substansi anti kanker yang dapat membantumengontrol kecenderungan kenker dalam sel-sel tubuh Anda.

Sumber asam lemak omega 3 diantaranya adalah kenari dan minyak bijirami. Ini membantu tubuh dalam meningkatkan kekebalan dan kemampuan untukmelawan kanker.

3. Hindari rokok dan alkohol

Salah satu penyebab utama semua jenis kanker adalah kebiasaan yang tidaksehat seperti merokok dan konsumsi alkohol. Hal ini dikemukakan oleh Universityof Maryland Medical Center di Amerika Serikat.

Kanker dapat menyebar ke setiap bagian tubuh, misalnya kanker paru-parujuga dapat menyebar ke otak dan mengakibatkan kanker otak. Jadi, hindarikebiasaan merokok dan minum untuk menghentikan pertumbuhan kanker otak dalamtubuh Anda.

4. Penggunaan ponsel

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa frekuensi penggunaan ponselyang terlalu lama juga dapat menyebabkan kanker otak. Sehingga, Anda disarankanuntuk tidak menerima telepon melalui ponsel selama lebih dari 15 menit tanpaheadphone untuk menurunkan risiko kanker otak.

0 comments: (+add yours?)

Post a Comment