'Bapak' Linux Acungkan Jari Tengah untuk Nvidia !!

DuniaQ Duniamu

Linus Torvalds terlihat sangat kesal terhadap Nvidia.Bahkan dalam sebuah kesempatan, penemu sistem operasi Linux itu mengacungkanjari tengahnya untuk Nvidia. Apa alasannya?


Nama Torvalds memang sudah sangat dikenal didunia open source. Namun tidak semua mengetahui jika ia ternyata sangat membenciNvidia. Hal ini mulai terungkap saat ia menjadi pembicara forum untuk sebuahacara entrepreneur, di Otaniemi, Finlandia.

Salah satu peserta wanita mengangkat tangannyadan bertanya kepada Torvalds soal sulitnya membuat Linux berjalan sempurna dilaptopnya yang menggunakan chip Nvidia Optimus. Padahal Nvidia merupakanpenyumbang kartu grafis terbesar di ranah komputer.

"Saya sempat berharap bahwa Nvidiaakan melakukan sesuatu, namun ternyata mereka tidak memberikan dukungan samasekali (terhadap Linux-red.)," kata Torvalds, menanggapi pertanyaanpeserta.

Torvalds yang memandang Nvidia ikut ambilkeuntungan dari open source (Android) pun merasa kecewa, dan sudah sepantasnyajika raksasa micro chip itu menggelontorkan dukungan untuk Linux seperti yangsudah dilakukan di Windows dan Mac OS.

"So, Nvidia f*** you," tegas Torvalds,sembari mengacungkan jari tengahnya di depan kamera. Seperti dikutip detikINETdari cnet

Namun tak cuma Nvidia, Torvaldsjuga merasa perusahaan lain tidak melakukan dukungan yang cukup untuk Linux.Namun ia tak menyebutkan secara pasti perusahaan mana saja yang ia maksud.

Nvidia memang sudah menyediakan driverkhusus Linux di situs utamanya, namun hal itu tetap tidak menyelesaikan isuseputar kompatibilitas komponen yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

Tak seperti rivalnya AMD, Nvidiaterlihat enggan merilis driver yang bersifat open source karena dianggap dapatmembocorkan informasi penting di dalam produknya.

Berikut adalah sikap tegas Torvalds yang dapatdilihat pada menit ke 49:59


0 comments: (+add yours?)

Post a Comment